Field Trip 2019




Assalamu'alaikum Ayah Bunda.. Hayoo siapa yang masih ingat kegiatan apa saja yang dilakukan ananda saat Field Trip di Citra Alam, Situ Gintung pada hari Selasa lalu? Nah ini dia salah satu kegiatan yang dilakukan oleh ananda yaitu membuat kerajinan dari tanah liat. Ananda terlihat sangat antusias untuk membuat karya sesuai dengan imajinasi dan kreativitas masing-masing. Ada yang membuat semangkuk bakso besar, kupu-kupu, robot kesukaan dan masih banyak lainnya. Ayah Bunda tahu tidak? Dalam kegiatan ini, saat ananda sedang meremas, menekan, menusuk, dan sebagainya sebenarnya ananda sedang mengembangkan kemampuan motoriknya. Gerakan menekan tanah liat berguna untuk memperkuat otot lengannya. Wah MasyaAllah, ternyata selain menyenangkan kegiatan ini juga memiliki banyak manfaat yaa Ayah Bunda untuk perkembangan ananda.

Walaupun permainan flying fox cukup tinggi dan ananda harus melewati jaring laba-laba namun hal tersebut tidak memadamkan semangat ananda untuk mencoba. Memang benar ya Ayah Bunda, usaha tidak akan mengecewakan hasil dan diperlukannya sebuah proses untuk menikmati sesuatu. Setelah memanjat jaring laba-laba, dengan senang hati ananda mencoba flying fox dan berseluncur dengan bebas. Setelah sampai di tempat pemberhentian ananda mengatakan " Miss, aku mau lagi yaaa..." dan bahkan beberapa diantara ananda ada yang mencoba hingga 2x naik lho! heheh Alhamdulillah ananda sudah berani ya Ayah Bunda... 


Pada kegiatan ini ananda diajarkan untuk dapat tangkas dalam melewati rintangan. Pertama-tama ananda harus berlari dan masuk kedalam lingkaran holahop, kemudian mengambil salah satu bola di dalam ember dan memasukkannya kedalam keranjang lain dengan cara melemparkannya. Suasana terasa menyenangkan sekali karena ananda dengan aktif berlarian kesana dan kemari. Alhamdulillah.

Bermain bola estafet dengan menggunakan pipa. Ananda diminta menyusun pipa-pipa yang dijadikan lintasan untuk melintasi bola agar tidak jatuh dan dapat berpindah ke wadah lainnya. Kegiatan ini seru dan menantang sekali lho Ayah Bunda, coba lihat bagaimana ekspresi boys ketika bola mereka melintas hehe Salah satu manfaat yang didapat dalam kegiatan ini adalah pengembangan sosial emosional, ketika ananda dapat saling bekerja sama, tidak berebut (karena tiap-tiap ananda memiliki tugas memegang dan merekatkan pipa, dan dapat menyelesaikan tugas mereka dengan baik. Alhamdulillah.

Permainan selanjutnya yaitu Estafet Air. Ananda yang berada di depan akan mengambil air dengan wadah (ember kecil) kemudian mentransfer ember tersebut kepada teman-teman di belakangnya. Hal yang membuat seru adalah ember kecil tersebut telah diberi lubang sehingga air dalam wadah akan membasahi ananda. MasyaAllah, kalau bermain air ananda pasti akan selalu happy ya Ayah Bunda

Nah ini dia Ayah Bunda kegiatan Field Trip yang paling ditunggu-tunggu oleh ananda yaitu menangkap ikan. Ananda diberi kebebasan untuk masuk ke dalam kolam dan menangkap ikan yang mereka inginkan. Walaupun harus basah, mengejar-ngejar ikan, bahkan setelah tertangkap pun terlepas lagi namun tidak memadamkan semangat ananda, bahkan kakak-kakak senior pun juga membantu menangkapkan ikan untuk diberikan kepada adik-adik junior atau kiddy yang belum dapat ikan. MasyaAllah .. Setelah semua ikan habis tertangkap, ananda mendapatkan ikan yang boleh dibawa pulang ke rumah. Alhamdulillah..


MasyaAllah, menggemaskan sekali ananda dari level Toddler & Kiddy saat berfoto bersama dengan Miss  😃


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.